POST NEWS PRA 5 BToPH 2023




BToPH 2023

 

Basic Training of Public Health

 

“Mewujudkan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang Berkarakter Rahmatan Lil ‘Alamin dengan Menerapkan GROWTH "

Basic Training of Public Health (BToPH) adalah kegiatan pelatihan dasar mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat untuk mengenal lebih dekat tentang kesehatan masyarakat, berorganisasi dan melatih berpikir lebih kritis terhadap masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh universitas-universitas lain yang dinaungi oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan sebagai sarana pengenalan mahasiswa baru terhadap Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Terdapat tiga rangkaian yang dilaksanakan, yaitu Pra BToPH, Puncak BToPH dan Pasca BToPH.

 

Pada hari Sabtu, 18 November 2023 S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya telah melaksanakan Pra 5 BToPH ( Basic Training of Public Health) yang diselenggarakan pukul 06.30-selesai. Kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah screeningpeserta di halaman Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Kampus  A, seperti pengecekan barang bawaan yang sudah ditentukan oleh panitia. Setelah proses screening dilakukan seluruh peserta dipandu menuju Ruang C-303.

 


Setelah memasuki Ruangan C-303, para Panitia BToPH mengkoordinasi peserta agar duduk sesuai dengan kelompoknya dan meletakkan barang bawaannya dengan rapi. Acara diawali dengan pembacaan susunan acara yang disampaikan oleh Kak Syahvira Ayu Ramadhina dan Kak Fifin Alfiani selaku MC, lalu dilanjutkan dengan pembacaan surah Al-Waqi’ah yang dipimpin oleh Elvina Wahyu Istighfarin.

 

Setelah pembacaan surah Al Waqiah selesai. Sesi selanjutnya adalah sarapan dengan roti dan susu yang sama satu angkatan, Do’a sebelum makan dipimpin oleh Mahfudkhan Yudan Arigulana dan Do’a setelah makan dipimpin oleh Farhan Qudrad Anugerah. Setelah sarapan, peserta diarahkan untuk menuju lapangan kembali.

Ketika di lapangan, para peserta diminta untuk duduk dan mendengarkan sambutan dari Ibu Atik Qurrota A’yunin A., S.KM., M.Kes selaku pembina kemahasiswaan S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA. Kegiatan hari ini tidak hanya didatangi oleh angkatan 2023 saja, tetapi juga dari angkatan 2020, 2021 dan juga 2022. Kegiatan Health Dayini diadakan untuk saling mengenal semua angkatan dan dosen yang berada di lingkup S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA.

 


Kegiatan selanjutnya yaitu Sapa mahasiswa baru dari perwakilan Ketua Angkatan 2020, 2021 dan 2022, serta ditanggapi langsung oleh Ketua Angkatan 2023. Setelah itu dilanjut dengan senam pagi bersama yang di pimpin oleh kakak-kakak dari angkatan 2021 dan 2022.


Kemudian setelah senam pagi, dilakukan outbound di mana outbound terdiri dari 23 kelompok dan 6 pos. Setiap kelompok beranggotakan angkatan 2020, 2021, 2022 dan 2023, 1 pos terdiri 4 kelompok, serta setiap pos memiliki game yang berbeda-beda. Nantinya setiap kelompok akan bermain di pos 1- 6. 

 

Acara selanjutnya yaitu lomba angkatan. Sebelum lomba dimulai setiap angkatan mengambil nomor undian. Lomba angkatan terdiri dari lomba flasmoob yang dimenangkan oleh angkatan 2021, best supporter dimenangkan oleh angkatan 2021, maskot dimenangkan oleh angkatan 2021, estafet balon dimenangkan oleh angkatan 2022, dan gobak sodor putri dimenangkan oleh angkatan 2020. 

Setelah pengumuman juara, dilakukan sesi foto bersama angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023, panitia dan juga dosen Kesehatan Masyarakat UNUSA. Setelah itu angkatan 2023 berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing untuk melakukan sholat dzuhur.

 

Sampailah pada acara terakhir yakni makan siang sebelum makan kita doa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Mahfudkhan Yudan Arigunala dan doa setelah makan di pimpin oleh Farhan Qudrad Anugerah. Setelah makan siang selesai penyampaian pesan dan kesan yang kita lewati dari semua rangkaian Pra BToPH dan kita menerima pesan untuk terus menjaga 5S dan Three Magical Word(Meminta maaf, meminta tolong dan berterima kasih) dan selalu menjaga nama baik kesehatan masyarakat UNUSA dimanapun kita berada. Kemudian peserta keluar kelas secara teratur sesuai kelompok untuk mengambil handphone kepada kakak pendamping masing-masing.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Esay SDGs

Riview SDGs

Mahasiswa Unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asik tanpa usik