POST NEWS PRA BTOPH 2 2023

 Oktober 23, 2023

 


BToPH 2023

 

Basic Training of Public Health

 

“Mewujudkan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang Berkarakter Rahmatan Lil ‘Alamin dengan Menerapkan GROWTH "


Basic Training of Public Health (BToPH) adalah kegiatan pelatihan dasar mahasiswa baru Kesehatan Masyarakat untuk mengenal lebih dekat tentang kesehatan masyarakat, berorganisasi dan melatih berpikir lebih kritis terhadap masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh universitas-universitas lain yang dinaungi oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan sebagai sarana pengenalan mahasiswa baru terhadap Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).Terdapat tiga rangkaian yang dilaksanakan, yaitu Pra BToPH, Puncak BToPH, dan Pasca BToPH.  

Pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya telah melaksanakan Pra BToPH 2 ( Basic Training of Public Health) yang diselenggarakan pukul 07.30-selesai. Kegiatan yang pertama kali di lakukan adalah screeningpeserta di halaman Universitas Nahdlatul ulama Surabaya, seperti pengecekan barang bawaan yang sudah ditentukan oleh panitia. Setelah proses screening dilakukan seluruh peserta dipandu menuju Ruang B-406 Lantai 4 Gedung Tower UNUSA Kampus B untuk melaksanakan kegiatan. Rangkaian acara di sampaikan oleh Kak Syahvira Ayu Ramadhina dan Kak Nabila Putri Faradifa selaku MC, lalu disambung dengan pembacaasurah Al-Waqiah bersama yang dipimpin oleh saudara  Ahmad Sofyanto. 

 

Lalu setelah pembacaan surah Al Waqiah selesai. Dilanjutkan dengan sarapan bersama, Doa sebelum makan dipimpin oleh saudara Maulaya Wais Al Qurni dan Doa setelah makan dipimpin oleh saudara Muhammad Roufil Azzidani. Tak lupa Jargon BToPH dan yel yel kelompok menjadi pembakar semangat diacara pagi kali ini. Setelah semua peserta BToPH semangat kembali, peserta diberi pemaparan materi tentang 8 pilar Kesehatan Masyarakat. Akan tetapi pada acara pra BToPH 2 kali ini dijelaskan 3 pilar saja, yaitu AKK ( Administrasi dan Kebijakan Kesehatan), Epidemiologi dan Biostatistika. Materi 3 pilar yang pertama disampaikan oleh Bapak Budhi Setianto, ST., M.Kes selaku pemateri AKK ( administrasi dan kebijakan kesehatan ). Lalu, materi pilar keduadisampaikan oleh Ibu Kuuni Ulfah Nailah El Muna, S.KM., M.Epid yang membahas tentang Epidemiologi. Dan pembahasan pilar ke tiga, yaitu Biostatistika yang disampaikan oleh bapak Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes.

Setelah materi 3 pilar disampaikan, materi selanjutnya adalah pengenalan ISMKMI yang disampaikan oleh Kak Zalva Hanny Fauzia mahasiswa Universitas Negeri Malang sela Koodinator Daerah (Korda) ISMKMI Jatim. Kemudian, dilanjutkan dengan Materi Persidangan Organisasi yang disampaikan oleh Kak Karisma Nur Ayu Mahasiswa Institut Bhakti Wiyata Kediri  selaku Dewan Pengawas Nasional (DPN) ISMKMI Wilayah 3 2023/2024


Lalu, acara selanjutnya adalah Simulasi persidangan yang dipimpin oleh Kak Reza Ilham Agung Kristanto sebagai Pimpinan Sidang Sementara, Kak Silvia Roudhotul Jannah sebagai Wakil Pimpinan Sidang  Sementara dan Kak Putri Ambarsari sebagai Sekretaris Pimpinan SidangSementara. Dari sidang pleno 2 menghasilkan 3 pimpinan sidang tetap yaitu Nurur Rizqi sebagai pimpinan sidang tetap, Lutfiana Fitra Audina sebagai wakil pimpinan sidang tetap dan Ariani Devita Cahyaningrum sebagai sekretaris pimpinan sidang tetap yang nantinya akan memimpin sidang pleno 3.

 

Lalu kegiatan yang terakhir adalah evaluasi dari kakak panitia BToPH dan motivasi bersama. Hal ini dilakukan agar para peserta dapat mengetahui kesalahan dan dapat memperbaikinya serta agar seluruh peserta BToPH ini lebih disiplin lagi dan menjaga kekompakan serta kekeluargaan dan royalitas angkatan. Hal ini dilakukan agar tidak ada salah satu anggota yang egois, namun disa saling bahu-membahu dan membantu teman yang sedang membutuhkan pertolongan serta selalu ingat akan 5S (Senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dan ThreeMagical Word (maaf, minta tolong, dan terimakasih). Setelah itu, kegiatan pun selesai dengan diakhiri foto bersama sebagai dokumentasi dan para peserta diarahkan untuk keluar kelas dengan cara bergantian sesuai kelompok dan mengumpulkan buku catatan BToPH dan ID card kepada kakak pendamping masing-masing.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Esay SDGs

Riview SDGs

Mahasiswa Unusa berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asik tanpa usik